Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 01 Mei 2009

Berkendara Aman dari Tangan Jahil

Sekarang ini di banyak kota-kota besar, situasinya sudah semakin rawan, dan mengarah ke kondisi tidak aman terutama bagi para pengemudi kendaraan dituntut harus ekstra hati-hati saat berkendara. Sebab, tidak jarang terjadi aksi penodongan atau perampasan yang dilakukan para penjahat terhadap para pengendara yang lengah, dan sering kali dilakukan di tempat- tempat yang cukup ramai. Oleh karena itu, ada baikny bagi Anda yang sering berkendara, ketika sedang menuju ke suatu tempat dapat memperhatikan tips- tips berikut :

1. Sebelum Anda meninggalkan mobil di tempat parkir, pastikan selalu pintu mobil sudah terkunci semuanya dan jendela tertutup rapat. Kesalahan ini yang sering dilakukan seseorang saat parkir di sebuah tempat, akibatnya ketika kembali mobilnya telah hilang, tentunya Anda tidak bisa berbuat apa-apa selain menyesalinya. Alangkah baiknya Anda untuk selalu mengeceknya kembali meski telah dikunci dan memeriksa lagi kendaraan Anda.

2. Jangan pernah membuka kaca mobil kecuali kalau laju kendaraan Anda cukup kencang. Biasanya suasana yang panas ditambah AC mobil yang kerap mati atau apabila kendaraan Anda memang tidak dilengkapi AC membuat Anda sering membuka kaca untuk mendapat udara segar. Sebaiknya Anda menghindari hal ini, sebab kaca mobil yang terbuka bisa mendorong orang yang berniat jahat untuk melakukan penodongan. Seandainya kaca tertutup, belum tentu orang itu berani melakukannya.

3. Jangan pernah Anda meninggalkan barang berharga di dalam mobil saat sedang keluar, ataupun menyimpan barang tersebut di tempat- tempat yang bisa terlihat dari luar mobil. Ini harus Anda perhatikan terutama untuk kalangan ibu-ibu, yang sering menyimpan HP atau tas berisi uang di atas jok ataupun dashboard.

4. Anda harus selalu memperhatikan penggunaan HP saat berkendara, terutama pada saat mobil berhenti di lampu merah. Selain dapat membahayakan pengendara lainnya saat kendaraan sedang melaju, HP juga adalah salah satu barang yang paling menarik perhatian penodong untuk melancarkan aksinya.

5. Jangan lupa untuk membawa alat-alat pengaman yang bisa Anda pergunakan dalam keadaan darurat, seperti kunci roda, tang, kunci inggris, tongkat baseball dapat juga digunakan untuk membela diri seandainya suatu saat Anda terpaksa harus mempertahankan diri dari penodong.

6. Ketika Anda berhenti di perempatan, usahakan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Sehingga pada saat dikepung oleh penjahat, Anda dapat leluasa untuk tancap gas dan melarikan diri. Kalau Anda di ikuti orang, jangan pernah sekalipun berhenti di tempat sepi karena hal itu hanya akan membahayakan keselamatan. Berhentilah di temapt keramaian atau di kantor polisi untuk sesegera mungkin meminta pertolongan.

Sumber redaksi " RODA"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai selamat datang bagi rekan2x sesama pengguna blog...

PTC recomended (trusted/paid/legit)