Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 04 Mei 2009

Memelihara Mobil Yang Jarang Dipakai

Bagi Anda yang kendaraan dan mempunyai kesibukan yang cukup padat, sehingga setiap minggu harus ada tugas ke luar daerah/ke luar negeri yang memakan waktu cukup lama. Tentunya konsekuensinya kendaraan Anda jadi jarang dipakai. Kendaraan yang tidak dipakai cukup lama tentun saja kurang baik, untuk itu ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum berngkat ke luar kota/luar negeri. Supaya ketika Anda kembali dari tugas Anda nanti, kendaraan Anda masih baik kondisinya.
1.Cuci mobil Anda dengan bersih, ini untuk menghindari supaya kotoran atau debu tidak terlalu tebal menempel di mobil Anda. Karena kalau kendaraan Anda bersih tentunya tidak akan mengundang debu atau binatang-binatang yang menjijikan menempel di mobil Anda.
2.Hidupkan/nyalakan kendaraan Anda untuk memanaskan mesin mobil setiap hari selama 15-30 menit, ini berguna untuk menjaga kondisi mesin tetap baik ketika nanti kembali dipergunakan untuk rutinitas sehari-hari.
3.Posisi rem tangan dibebaskan, kalau rem tangan dibiarkan masuk terutama dalama waktu yang cukup lama akan terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang memiliki tromol di roda belakang.
4.Ganjal wiper dengan busa, karena kalau dibiarkan bersentuhan terlalu lama dengan kaca, karet wiper perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi. Sehingga ketika nanti akan digunakan lagi karet wiper akan kasar dan keras, akibatnya bisa menggores kaca mobil Anda.
5.Usahakan keempat ban dalam kondisi terangkat tidak menempel lantai, agar suspensi mobil Anda terjaga dan tidak terlalu terbebani oleh berat kendaraan. Mobil apabila tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, biasanya suspensinya akan naik turun sehingga akan tidak nyaman apabila dipergunakan lagi nanti. Anda dapat menggunakan dongkrak ataupun stand jack untuk mengangkat mobil Anda.
6.Kalau Anda berpergian lebih dari 2 minggu, sebaiknya lepaskan aki. Karena bila kendaraan Anda tidak digunakan lebih dari 2 minggu, hal ini akan berpengaruh ke akinya akan lebih cepat rusak dibanding dengan kendaraan yang setiap hari dipakai. Itu semua disebabkan karena sifat aki yang sangat sensitif.
7.Ganjalah roda mobil Anda, apabila permukaan garasinya miring. Karena kalau rem tangan kendaraan Anda dimasukan akan sangat tidak baik. Gunakan balok kayu atau benda-benda keras lainya untuk menggajal roda kendaraan Anda.
8.Simpanlah pengharum mobil untuk menetralisir bau kurang sedap yang timbul karena ruang di dalam mobil tertutup terus. Lalu tutup mobil Anda dengan menggunakan cover mobil, ini berguna untuk menghindari partikel debu dan kotoran menempel di mobil Anda.


Selamat mencoba..........!!!

Sumber redaksi “ RODA “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai selamat datang bagi rekan2x sesama pengguna blog...

PTC recomended (trusted/paid/legit)