Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 05 Mei 2009

Tips Membeli Laptop Second

Bagi Anda yang membutuhkan sebuah laptop untuk keperluan yang sangat mendesak, sehingga Anda dituntut untuk mempunyai laptop tersebut secepatnya, sedangkan dana yang Anda miliki cukup terbatas. Sebenarnya ada 2 solusi untuk mengatasi masalah ini, pertama Anda menyesuaikan harga laptop dengan dana yang Anda miliki, tentunya ini akan berpengaruh kepada spesifikasi laptop yang menyesuaikan dengan harga. Kedua Anda bisa juga memilih laptop yang spesifikasinya lumayan tinggi, karena tentu harganya juga lumayan tinggi tetapi tentu saja dana yang Anda miliki terbatas, tapi tunggu dulu ada solusi bila Anda dihadapkan pada situasi di atas, yaitu dengan membeli laptop second. Mengapa tidak Anda membeli laptop second karena tidak ada salahnya kan?. Tapi tentu saja membeli laptop second tidak seperti membeli laptop baru, sehingga untuk itu Anda perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini, sebagai bahan pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli laptop tersebut.

  1. Periksa fisik laptopnya itu sendiri karena hal ini paling mudah terlihat secara kasar mata. Hal pertama adalah periksalah seluruh chasis/chasing laptop apakah masih baik atau tidak, kedua adalah periksa layar laptop apakah masih dalam kondisi yang masih baik, ketiga adalah keypad dan touchpad periksa secara seksama apakah semuanya masih berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan apabila salah satu nya mengalami kerusakan, tentu saja Anda akan mengelaurkan dana ekstra yang jumlahnya tidak sedikit.

  2. Hardware laptop merupakan komponen yang sangat vital, sehingga ketika Anda membeli laptop second hal ini agar diperhatikan secara seksama. Pertama pastikan prosesor nya minimal Pentium IV/Dual core karena prosesor ini sudah mampu dan sangat baik menjalankan sistem operasi modern seperti Windows XP. Kedua teliti kapasitas memori RAM laptop, apakah masih bisa di upgrade dengan mudah jika suatu saat Anda menginginkanya minimal kapsitasnya RAM 512 Mb. Ketiga sesuaikan kapasitas hardisk dengan kebutuhan Anda, biasanya kebanyakan laptop minimal sudah mempunyai kapasitas hardiss sebesar 80 GB dan pastikan juga kalu hardisk nya masih baik/tidak ada badsector.

  3. Untuk laptop second biasanya yang menjadi kendala adalah kondisi baterai yang mudah habis/drop. Tentu saja Anda tidak ingin kalau baru 5-15 menit laptop Anda baterainya sudah habis/drop. Pastikan kondisi baterainya masih bagus, minimal masih bisa bertahan 30-45 menit pemakaian. Yang tak kalah pentingnya pastikan juga charger baterai masih berfungsi dengan baik.

  4. Karena Anda membeli laptop second, biasanya software nya sudah banyak yang terinstall dan kebanyakan mungkin terdapat software-software yang tidak Anda perlukan. Jika Anda membelinya di toko, pastikan semua software yang tidak Anda perlukan sudah di uninstall dan apabila ada tambahan software lain Anda bisa meminta pihak toko untuk menginstallkan nya. Yang tak kalah penting adalah pastikan sistem Windows dan aplikasi lainya berjalan dengan baik dan bersih dari virus.

  5. Kalau laptop yang Anda beli masih mempunyai garansi resmi itu akan lebih baik dan pastikan segel garansi masih dalam kondisi baik. Apabila garansi nya sudah habis, Anda bisa meminta garansi toko. Sehingga ketika ada masalah dengan laptop tersebut dikemudian hari Anda dapat mendatangi toko tersebut.

Apabila hal-hal tersebut di atas sudah Anda periksa dan semuanya ada dalam kondisi yang cukup baik, sekarang keputusan terakhir ada pada diri Anda sendiri. Karena hal-hal di atas hanya sebagai bahan pertimbangan dan masukan buat Anda untuk menentukan kriteria laptop yang akan Anda beli nantinya.



Semoga bermanfaat........!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai selamat datang bagi rekan2x sesama pengguna blog...

PTC recomended (trusted/paid/legit)