Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 30 April 2009

Tips Berkendara Supaya Hemat BBM

Banyak orang sering kali memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi, dengan alasan agar cepat sampai ke tempat tujuan. Namun tahukah Anda bahwa kendaraan yang dipacu dalam kecepatan diatas rata- rata dapat menguras bahan bakar mobil lebih cepat dari seharusnya, belum lagi resiko kecelakaan yang harus ditanggung. Untuk mengatasi resiko boros BBM, saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda.

  1. Pertama adalah menjaga supaya laju kendaraan tetap konstan. Setiap kali hendak pindah gigi, usahakan supaya kisaran RPM mobil berada pada angka 3000-4000 (untuk kendaraan bensin) dan 2500-3500 (untuk yang berbahan bakar solar). Dengan begitu, bensin/solar yang digunakan sebagai sumber daya tenaga utama untuk menjalankan kendaraan juga ’dibakar’ dengan jumlah konstan.

  2. Yang kedua adalah menjaga pengereman supaya konstant, biasanya ini digunakan pada saat jalan menurun. Pada saat jalan menurun, pengereman/penggunaan rem juga harus konstan dalam menjaga laju kendaraan. Rem yang diinjak harus seimbang, dan jaga supaya RPM tidak melebihi batas yang ditentukan (salah satu caranya adalah dengan memindahkan persneling). Selain itu, mainkan gigi mobil Anda supaya kecepatan dan laju RPM konstan.

  3. Terakhir adalah ketika Anda membuka kaca mobil. Sering kali dalam perjalanan jauh atau dekat (terutama bila mobil tidak dilengkapi oleh peralatan pendingin), Anda membuka jendela mobil supaya udara sejuk mengalir masuk. Namun jangan salah, seandainya harus dibuka, usahakan supaya jangan hanya satu sisi melainkan kedua sisi (kiri dan kanan) jendela yang dibuka. Sebab seandainya Anda hanya membuka satu sisi saja, maka sirkulasi udara hanya akan berjalan satu arah (masuk) dan dengan sendirinya akan menghambat kecepatan laju kendaraan. Otomatis, bahan bakar akan lebih banyak dikuras.

Itu salah satu cara dari berbagai macam cara yang bisa Anda praktekan sehari-hari ketika berkendara untuk menghemat BBM mobil Anda, di tengah situasi yang mana harga BBM sudah tidak murah lagi. Selain dapat menghemat BBM, maka Anda juga dapat menghemat pengeluaran Anda. Tips di atas juga dapat memandu Anda supaya berkendara dengan aman, sehingga Anda dapat selamat sampai tujuan.


Selamat mencoba..............!!!!



Sumber dari redaksi “ RODA”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai selamat datang bagi rekan2x sesama pengguna blog...

PTC recomended (trusted/paid/legit)