Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 22 April 2009

CARA PRAKTIS MEMBUAT BLOG

Sekarang ini membuat sebuah situs pribadi ataupun sebuah blog sangatlah mudah bahkan setiap hari ratusan bahkan ribuan blog tercipta. Pada awalnya sebuah blog diperuntunkan untuk kepentingan pribadi tetapi sekarang ini bisa juga digunakan sebagai sarana untuk memulai bisnis online. Di sini saya akan menerangkan kepada Anda cara praktis membuat sebuah blog terutama bagi yang berminat membuat blog baik untuk kepentingan pribadi ataupun kepentingan bisnis, sebenarnya ada beberapa situs yang menyediakan fasilitas pembuatan blog diantaranya ada www.blogger.com dan www.wordpress.com. Anda dapat membuat blog secara gratis pada kedua alamat situs tersebut, pada artikel ini saya akan membahas cara praktis pembuatan blog menggunakan fasilitas gratis situs blogger.com sehingga Anda diharapkan dapat membuat sebuah blog secara cepat dan secara praktis bahkan dalam hitungan menit anda dapat membuat sebuah blog dan dapat di publis-kan ke seluruh dunia sehingga setiap orang dapat melihat blog tersebut.

1.Buka alamat situs blogger.com pada halaman pertama situs tersebut anda akan melihat tampilan sebagai berikut, lalu klik pada option ciptakan blog anda.

2.Setelah itu kita akan menuju halaman berikutnya, pada halaman ini Anda akan menemukan kolom isian, isilah semua kolom tersebut mulai dari alamat email, password, nama tampilan blog Anda dan verifikasi sebagai sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa Anda menerima semua syarat dan ketentuan di dalam blog ini. Kalau semua kolom isian sudah anda isi maka pilihlah option lanjutkan.

3.Langkah selanjutnya adalah Anda akan menemukan kolom isian lagi dimana di sana Anda akan diminta untuk menuliskan judul blog, alamat situs (biasanya berupa nama lengkap ataupun nickname Anda). Di sini juga ada option untuk membuat hosting di situs yang lain selain diwww.blogger.com dan ada option untuk mengimpor blog dari bloger yang sudah ada (kedua option ini boleh tidak isi atau diabaikan saja). Apabila semua sudah diisi lalu tekan option lanjutkan.

4.Selanjutnya adalah kita memilih template untuk blog kita, disini Anda dapat memilih beberapa template yang bisa dipilih untuk blog Anda nanti. Setelah Anda memilih satu template untuk blog Anda, maka selanjutnya Anda pilih option lanjutkan.

5.Di halaman berikutnya Anda akan mendapatkan konfirmasi kalau blog Anda sudah jadi, dan Anda bisa memualai blogging dengan menekan option mulai blogging.

6.Anda akan dipandu menuju halaman selanjutnya yang menampilkan halaman untuk posting, pada option ini Anda bisa menulis artikel atau apa saja untuk di terbitkan sehingga orang-orang di seluruh dunia dapat membaca dan mengaksesnya. Di halaman ini juga Anda akan menemukan option pengaturan blog Anda dan tata letak blog Anda. Apabila Anda sudah membuat artikel pada kolom posting maka langkah selanjutnya Anda dapat menerbitkan entry tersebut ataupun menyimpanya, jangan lupa menuliskan juga label untuk entry Anda sepeti olahraga, teknologi ataupun yang lainya. Kalau Anda berniat menyimpanya ada option pilihan simpan ada juga option untuk menerbitkan artikel Anda maka maka pilihlah option terbitkan entry.

7.Setalah entry Anda diterbitkan maka pada halaman selanjutnya Anda akan melihat tampilan konfirmasi kalau entry yang tadi sudah diterbitkan.

8.Untuk melihat tampilan blog secara lengkap Anda dapat memilih option lihat blog dimana disana Anda akan melihat juga entry yang telah Anda terbitkan tadi. Untuk memperkaya tampilan blog, Anda juga dapat mengedit tampilan blog dan membuat serta menambahkan link-link tertentu.

Nah sekarang Anda sudah memiliki sebuah blog yang bisa di akses oleh orang-orang seluruh dunia, supaya blog Anda dikunjungi dan diakses banyak orang saya sarankan untuk selalu meng update entry (buatlah artikel-artikel yang menarik dan tidak membosankan), membuat link-link ke sesama pengguna blog dengan mengikuti forum atau dengan cara mempromosikanya. Dan satu lagi buatlah tampilan blog Anda lebih menarik supaya orang-orang mau mengaksesnya.

Selamat mencoba.......................!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai selamat datang bagi rekan2x sesama pengguna blog...

PTC recomended (trusted/paid/legit)