Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 15 April 2009

CARA MEMBUAT FOTO DARI CAMERAPHONE JADI KEREN

Secanggih apa pun kamera ponsel biasanya jangan terlalu berharap hasil jepretanya setara dengan kamera digital sehingga ujung-ujungnya kamera ponsel tetap lebih condong digunakan untuk bergaya dan ‘main-main’ saja. Tapi tidak usah berkecil hati untuk memaksimalkan kualitas foto dari kamera ponsel anda bisa mempraktekan langkah-langkah di bawah ini :

1.Hindari memotret di tempat gelap
Waktu yang tepat untuk memotret yang tepat adalah adalah siang hari atau outdoor. Jika dipakai pada malam hari atau indoor sebaiknya terlebih dahulu aktifkan “night mode’ atau ‘low light’. Saat ini ada beberapa ponsel menggunakan fitur flash umumnya flash ini masih lemah sehingga kurang menyinari sama rata. Untuk ponsel yang dilengkapi LED flash sudah mempunyai kemampuan yang lebih baik, tapi untuk mendapatkan hsil yang maksimal lebih baik kita memotret pada siang hari ataupun outdoor.

2.Hindari peenggunaan ‘zoom’
Ketika kita memotret usahakan kita menjaga jarak dengan objek paling jauh satu meter, usaha ini dilakukan untuk menghindari penggunaan fasilitas ‘zoom’ karena umumnya banyak ponsel mempunyai keterbatasan kemampuan menghasilkan foto yang bagus ketika menggunakan fitur ini.

3.Hindari guncangan
Guncangan saat kita memotret menyebabkan bidikan akan tampak kabur ini disebabkan keterlambatan kita ketika menjepret bisa juga karena masalah teknis yang disebabkan shutter-nya. Untuk menghidari itu semua cara yang paing efektif adalaha dengan cara tahan ponsel jangan sampai bergerak saat akan dipakai untuk memotret setelah itu baru kita tekan tombol shutter selama beberapa saat, jangan langsung dilepas untuk memastikan objek telah tertangkap kamera sebelum ponsel kita bergerak.

4.Hindari terjadinya kompresi gambar
Kemampuan kompresi foto pada kamera ponsel kalah jauh dibanding kamera digital, dikarenakan resolusi gambar di kamera ponsel jauh lebih kecil dan akan lebih kecil lagi ketika dipindahkan ke komputer. Untuk ponsel yang dilengkapi kartu memori lebih baik hasil pemotretan disimpan di dalam kartu memori.

5.Sempurnakan hasil pemotretan
Kita bisa memperbaiki hasil pemotretan kita dengan memanfaatkan beberapa software untuk menyempurnakan kualitas foto apabila kita kurang puas dengan hasil foto kita. Software ini dapat kita download di internet.

Cameraphone juga hampir selalu mengukur cahaya dengan tidak tepat bahkan terkadang overexpose, begitupun kurang baik menangkap cahaya yang rendah. Biarkanlah cameraphone beradaptasi dengan dengan cahaya kurang lebih 5 detik sebelum kita memotret kemudiaan anda atur brightness sehingga kita akan mendapatkan hasil gambar yang lebih baik. Selamat mencoba…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai selamat datang bagi rekan2x sesama pengguna blog...

PTC recomended (trusted/paid/legit)